RSS

Pemograman Komputer

Peran Komputer
Pada saat ini, komputer menjadi salah satu peralatan yang banyak digunakan di berbagai aspek kehidupan manusia. Mulai dari aspek pemerintahan, ekonomi dan bisnis, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, militer dan keamanan hingga aplikasi seni dan hiburan. Dapat dikatakan bahwa kita telah diserang oleh aplikasi komputer. Pada umumnya, komputer dipergunakan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, bergantung kepada aspek aplikasinya. Fungsi utama dari penggunaan komputer dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, adalah: mengambil data, memproses data dan mengeluarkan data yang telah diproses. Ketika memproses data, pekerjaan penting yang dilakukan komputer adalah:

  • Transfer data
  • Kalkulasi data

Berdasarkan fungsi dan proses kerja inilah, komputer membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Dalam pemakaiannya, komputer tidak dapat berdiri sendiri. Tetapi diperlukan peran manusia untuk ‘mengendalikan’ kerja-kerja komputer. Hubungan manusia sebagai pemakai dan komputer sebagai alat bantu diperlihatkan pada Gambar 1.1 di bawah ini.
Pada gambar tersebut tampak bahwa untuk menggunakan komputer, diperlukan 3 (tiga) unsur, yaitu: brainware, software dan hardware. Brainware adalah unsur pemakai yaitu manusia, yang bertugas untuk menentukan, mengendalikan dan menjalanakn komputer. Software adalah perangkat-perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Beberapa hal yang termasuk software adalah Sistem Operasi (Operating System), Bahasa Pemrograman (Programming Language) dan Program Aplikasi. Contoh Sistem Operasi seperti: Microsoft Windows, Linux atau Macintosh. Sedangkan contoh Program Aplikasi adalah Microsoft Word, Excell, Access, Flash Media dan lain-lain. Bahasa Pemrograman akan dibahas pada bagian lain dari Modul 1 ini. Sedangkan hardware adalah perangkat-perangkat keras, terdiri dari komponen-komponen elektronika digital yang membentuknya menjadi sebuah komputer, seperti mikroprosesor, memori, alat-alat input/output dan lain-lain

Untuk materi selengkapnya download aja DISINI !!

 

Tinggalkan komentar